Puyuh adalah salah satu hewan yang dibudidayakan masyarakat. Burung puyuh merupakan sejenis unggas yang hidup di darat serta memiliki tubuh yang kecil juga sedikit gemuk. Hewan yang satu ini mengkonsumsi biji-bijian dan serangga yang umumnya berukuran kecil.

Permintaan burung puyuh semakin meningkat dan bertambah besar seiring dengan meningkatnya masyarakat yang memanfaatkan burung puyuh untuk diambil telur dan juga dagingnya. Munculnya berbagai usaha kuliner yang menawarkan olahan daging dan telur puyuh membuat peluang usaha untuk ternak puyuh semakin menguntungkan.

Peluang usaha yang menggiurkan tersebut ditangkap oleh beberapa warga di Desa Gilang, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Awalnya memang ada keraguan di antara mereka untuk mengusahakan unggas jenis ini. Namun setelah beberapa kali mengalami kegagalan akhirnya usaha ternak puyuh tersebut mengalami kemajuan.

Menurut pengalaman mereka, mengelola usaha ternak puyuh memang tidak terlalu sulit karena sangat mudah dalam perawatanya, namun seringkali mengalami banyak gangguan akibat burung puyuh terserang penyakit. Hal ini dapat dicegah dengan secara teratur menjaga kebersihan kandang dan memberikan vaksin.

Harga pasaran telur puyuh di daerah Tulungagung masih terbilang sangat stabil yakni berkisar antara 200-300 Rupiah setiap butir. Daging afkir juga bernilai tinggi lantaran hampir setiap rumah makan, restoran,warung banyak membutuhkan pasokan daging puyuh tersebut dalam jumlah yang besar. Daging tersebut biasanya dijual dengan harga berkisar antara 10.000 – 15.000 Rupiah per ekor.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?